Friday, December 21, 2012

Si Gig yang Romantis!!





BJ Habibie. Nama ini begitu akrab di telinga saya, saat saya sekolah dulu. Posisinya sebagai Menristek membuat namanya selalu terdengar di media massa. Apalagi, dia terkenal pintar, karena mampu membuat pesawat. Ya nama BJ habibie ngga bisa dilepaskan dengan pesawat.

Saat Orde Baru runtuh, dia menggantikan Soeharto yang lengser keprabon itu, menjadi Presiden RI. Saya jadi saksi sejarahnya kala itu. Inget banget, 21 Mei 1998, saya bersama teman2 satu kos nongkrong khusuk di depan televisi melihat Soeharto membacakan surat pengunduran dirinya dan habibie yang kala itu menjadi wakilnya menggantikan posisi soeharto.

Yang saya ingat, saat itu kerusuhan ada dimana-mana. Masa Kepemimpinan BJ Habibie bukanlah masa yang mudah. Indonesia sedang diberi cobaan besar. Isu-isu politik bertebaran dimana-mana. Hingga mencuat isu Timor-Timur ingin memisahkan diri. Huh.. saya yang pengen banget kesana, gara-gara lagu "Januari di Kota Dili" itu, semakin pesismis untuk mewujudkan cita-cita saya. tapii... berbelas-belas tahun kemudian entah bagaimana caranya, Tuhan mewujudkannya lho!! meski sudah tidak jadi bagian dari NKRI, saya sampai ke Kota Dili itu!!!

Kasihan sama si orang gig pintar ini... apalagi beliau diturunkan jadi presiden RI oleh suara terbanyak DPR saat itu.. kalo ga salah tahun 1999.

Beliau akhirnya ke Jerman lagi. Dan disana dia jadi warga kehormatan. bayangin aja, di negara sendiri di sia-sia kan, tapi di negara orang di junjung tinggi. hhh what a world... dan saya yakin, bangkrut dan tidak berjalannya IPTN itu karena ada beberapa pihak yang ingin menjatuhkan habibie.

Tapi lambat laun namun pasti, rakyat indonesia semakin tahu, siapa sosok habibie. yaa.. beliau adalah orang yang cinta indonesia. apalagi kalo dilihat cinta kasihnya pada istrinya, ibu ainun. buku, puisi dan terakhir adalah film berjudul Habibie dan Ainun terbit.

Saya tadi sore, tepat hari pertama film ini beredar di bisokop yaitu tanggal 20-12-2012, saya menontonnya. wuiihhhh.. makin bangga sama BJ Habibie ini. yaa.. dia adalah sosok suami idaman banget. meski gig, tidak terlalu romantis, tapi dia sungguh-sungguh mencintai istrinya.. hhh.. andaikan.... ahahhahaaa...

ya.. saya terkesan dengan film yang diproduseri oleh Hanung Bramantyo ini. Apalagi pemeran BJ Habibie, yaitu Reza Rahardia mainnya bagus banget. menghayati dengan perannya. sampai2 gesture dan cara ngomongnya juga mirip...

Semoga BJ Habibie, Alm Ainun dan keluarga mendapatkan berkah dari kesungguhannya selama ini dalam mengabdi pada bangsa indonesia. Amin....


No comments: